Semoga Bisa Menjadi Titik Balik…..

Seorang insinyur wanita Indonesia lulusan Amerika, dalam harian terkemuka ibu kota dikisahkan cukup pusing dan frustasi menghadapi sikap sebagian besar masyarakat kita ketika diajak untuk membuat sebuah perubahan. Tapi bisa dimengerti lho pembaca kenapa dan apa penyebab pusing nya sang insinyur tadi. Habis….. proyek yang dia tawarkan sih udah aneh, asing dan gak ngetop lagi. Pembaca mau tahu…. apa sih proyek yang digagas nya itu ?

Ijinkan saya dulu untuk mengulas lebih banyak lagi tentang liku-liku perjuangan sang insinyur tadi. Karena apa yang dialami Ibu insinyur itu bisa menjadi sebuah refleksi bagi kita untuk sampai pada sebuah pemahaman atas apa yang sedang terjadi di tengah keseharian hidup bermasyarakat kita .

Sama hal nya bagi kebanyakan kita, bahwa masalah sepele dan apalagi itu persoalan tentang keseharian yang sangat biasa dan sudah terbiasa kita lakukan setiap hari. Dimana lagi daya tarik dan nilai jual nya kalo masalah yang kecil itu pun mau dijadikan sebuah proyek. Mimpi aja kali… ato kurang kerjaan…. bisa aja muncul dalam pikiran dan sikap kita. Betul apa benar…..?

Sebuah titik balik terjadi ketika sang insinyur diundang dalam sebuah konferensi internasional di Tokyo dengan topic bahasan yang mungkin gila dan nyeleneh menurut pemahaman kita. Mau tahu apa topic nya itu ? ….. tak lain dan tidaklah luar biasa yaitu tentang K A K US alias toilet. Nah…..heran khan pembaca…..?

Tapi sekecil apapun isu itu bukti nya telah menjadi isu yang besar bagi negara-negara besar sehinggakan mau mengadakan hajatan besar dengan budget yang besar di negara sebesar Jepang. Mari kita coba menoleh ke negeri lain di luar negeri kita, paling dekat kita bertandang lah dulu ke Negara paling dekat dengan kita yaitu negara sebelah rumah, kecil tapi uangnya besar banget yaitu Singapura.

Kalo ke Singapura jangan ngelayap dulu ke Orchard Road, tapi kalo pembaca turunnya dengan kapal yang terbang atau dengan kapal yang melaju di laut. Mampirlah ke kakus yang ada di bandara ato terminal ferynya dulu. Sebuah hal sepele tapi bernilai besar akan nampak jika kita cermati bagaimana tata interior, kebersihan, warna dan layout kakusnya. Sungguh sebuah penataan yang dengan sangat terencana dan serius dipersiapkan. Bukan lagi hanya sekejadar tempat buang hajat seperti yang selama ini dilihat oleh kebanyakan kita. Dan tidaklah hal yang aneh juga jika di Negara yang maju seperti Singapura untuk sebuah toilet aja sudah ada standarisasinya atawa akreditasinya segala ( macam kampus aja pak cik ini ).

 

Apa yang yang telah dijalankan oleh Singapura telah pun menjadi sebuah magnit yang sangat kuat bagi negara-negara yang sedang mekarnya baik skala ekonomi maupun tingkat hidup dan kemajuan negaranya. China dan Qatar adalah sebuah contoh calon Negara maju dan makmur yang akan segera mengadaptasi apa yang telah dimulai oleh Singapura. Kedua Negara tersebut sedang giat menggalakkan gaya hidup sehat, maju, makmur dan yang paling tinggi nilai nya yaitu untuk meningkatkan budaya bangsa nya melalui kesadaran akan pentingnya sebuah toilet yang terjaga dan terencana. Toilet telah menjadi sebuah symbol baru bagi identitas sebuah bangsa yang makin beradab. Dimana negara yang memiliki toilet yang begitu terawat dan ramah lingkungan akan memberi nilai tambah bagi nilai bangsa itu bahkan bisa menjadi nilai yang menjual. Jangan salah pembaca…. Kekuatan budaya suatu bangsa menjadi komoditas komersial yang laku dijual dan pasti sangat disukai.

 

Bagaimana dengan toilet di negeri kita tercinta ?

 

Coba bangkitkan kembali kenangan pembaca ketika mengembara di pasar tradisional. Ketika sibuk menikmati sensasi pasar yang hiruk pikuk dengan lakon menjual dan membeli dan juga ditambah dengan sebuah syair dari Ahmad Albar…..” bercampur dengan peluh semua orang…..” cukup eksotik khan? Nah pada saat itu perut sakit melilit atawa kepengen……Ppp……is. Kuat gak membayangkan penderitaan sesaat itu. Kita buru-buru lari terbirit-birit untuk mencari sebuah sweet corner yang berlabel “ WC Umum lengkap dengan tarif yang detail, Mandi Rp 3.500, Buang Air Besar Rp 1.000 , Buang Air Kecil Rp 500. dan Main Air ….gak ada tarif nya. Puaslah kita dengan kondisi yang ada? mmm jawab sendiri ya. Jangan bilang siapa-siapa .

 

Begitu juga dengan beberapa Mall yang ada di negeri ini, ada sebagian Mall yang sudah mulai mau memanjakan pengunjung nya dengan melengkapi fasilitas toilet yang apik dengan kebersihan yang tertata. Tapi masih juga ada Mall yang mengutip bayaran kepada pengunjung yang akan menikmati fasilitas toiletnya. Cuma yang bikin kurang puas walau udah dibayar sekalipun tetap aja tidak memuaskan, kran air mampet , tisu berserakan di lantai, closet duduk yang malah bukan diduduki tapi diinjak dan lain sebagainya dan sebagainya. Inilah wajah per-Toiletan di negeri kita.

 

Pemahaman yang telah dipegang oleh Negara-negara dengan prinsip kekuatan budaya ditentukan oleh perilaku dari penduduk bangsa itu sendiri, telah memasuki ke wilayah yang lebih kecil dan menyangkut gerak hidup semua orang dalam sebuah komunitas suatu bangsa. Ditengah ancaman makin menurun nya ketersediaan alam untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh hajat hidup manusia banyak, air misalnya masihkah kita bisa mengabaikan bahwa rata-rata setiap orang dari kita, apakah ada yang tidak pernah ke toilet agak satu hari? Dan sadarkah kita bahwa banyak penyakit menular diekspor dengan media yang paling ampuh yaitu toilet. Atau kita belum berani mengakui bahwa persoalan sekecil toilet itu akan bisa menjadi pembunuh misal penduduk suatu bangsa? Coba aja kalo gak percaya kalo ada wabah diare…. terus toilet yang ada sangat buruk dan sudah bisa dipastika berapa bakal calon korban yang jatuh karena wabah yang menular itu. Mengerikan bukan…..? nah ada yang Mau untuk memulai mendandani toilet menjadi Green n Clean ?

Comments on: "Green n Clean Toilet…….Mau ?" (3)

  1. […] Green n Clean Toilet…….Mau ? July 12, 2008 11:06 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://kearifanalam.wordpress.com/2008/04/03/green-n-clean-toilet%E2%80%A6%E2%80%A6mau/ […]

  2. […] Green n Clean Toilet…….Mau ? July 12, 2008 11:12 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://kearifanalam.wordpress.com/2008/04/03/green-n-clean-toilet%E2%80%A6%E2%80%A6mau/ […]

  3. Assalam pak… Dah lama gak posting nih pak… Nunggu2..

    Btw. mengenai ide2 saya tuangkan di blog saya yang baru di http://www.farhan.web.id

    Salam pak

Tinggalkan komentar